10 Manfaat Pendidikan Karakter Sejak Dini 10 Manfaat Pendidikan Karakter Sejak Dini

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dijalani bagi siapapun itu, tidak mengenal darimana seseorang berasal, status sosial dan ekonomi, usia, etnis, dan juga ras tertentu. Tidak hanya berhak atas pendidikan, namun juga setiap orang bahkan memiilki kewajiban penuh untuk menempuh jenjang pendidikan. Ada dua jenis pendidikan yang diberikan yaitu pendidikan formal dan juga pendidikan informal. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing, meskipun dengan manfaat yang hampir sama.

Dari segi isi dan penyamaian materi pendidikan, secara garis besar, kedua jenis pendidikan, baik itu formal dan juga informal terbagi atas beberapa jenis, yaitu :

1. Pendidikan sains dan ilmu pengetahuan

Merupakan salah satu jenis pendidkan yang palin gumum. Meliputi berbagai bidang disiplin ilmu sains dan pengetahuan yang selalu berkembang, seperti matematika, IPA, IPS, Ekonomi, Sejarah, dan sebagainya.

2. Pendidikan keterampilan dan professional
3. Pendidikan moral dan etika

Apa Itu Pendidikan Karakter ??

Salah satu pendidikan yang penting dan seharusnya wajib dijalani oleh setiap orang adalah pendidikan karakter. Dalam pendidikan karakter akan banyak sekali ditemui bgaimana menjadi seorang yang berkarakter. Pendidikan karakter sendiri bisanya terdiri dari banyak hal. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat digolongkan sebagai pendidikan karakter :

  • Pelatihan mental
  • Pendidikan keagamaan dan moral
  • Pendidikan mengenai etika
  • Outbound dan pelatihan kelompok

Pendidikan karakter sendiri saat ini sudah mulai banyak diterapkan. Tidak hanya pada intitusi pendidikan, namun juga pada perusahaan perkantoran, dalam bentuk outing ataupun outbound. Apa saja manfaat pendidikan karakter ini? Berikut adalah beberapa adalah beberapa diantaranya :

1. Membentuk karakter individu

Yang namanya pendidikan karakter, tentu saja tujuan dan juga manfaat utamanya adalah untuk membentuk karakter dari diri individu. karakter merupakan segala sesuatu yang melekat pada diri individu, dan cenderung menetap. Sehingga dengan adanya pendidikan karakter, maka kecenderungan individu untuk memilki karakter yang baik dan juga berguna bagi sesamanya akan terbentuk. Maka dari itu, beberapa pendidikan karakter sangat baik dulakukan kepada para remaja remaja.

2. Membuat individu menjadi lebih menghargai sesama

Seseorang yang berkarakter kuat akan lebih dapat untuk menghargai sesamanya. Kalaupun memang seseorang kurang dapat menghargai sesamanya, dengan adanya pendidikan karakter yang intensif. Tentu saja kemampuan seseorang atau individu untuk menghargai sesamanya manusia akan menjadi lebih meningkat.

3. Menciptakan generasi penerus bangsa yang berintegritas dan juga lebih baik

Karakter yang kuat akan membuat seseorang menjadi teguh dan kokoh dalam hidupnya. Hal ini akan sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, karena dengan adanya keteguhan ini, akan diikuti dengan integritas tinggi dari individu.

Integritas inilah yang penting untuk dibentuk dalam pendidikan karakter, sehingga dengan adanya integritas yang tinggi. Maka seseorang akan mampu untuk menjadi generasi penerus bangsa yang baik dan menjunjung tinggi nilai integritas bagi bangsa dan juga negaranya.

4. Melatih mental dan juga moral dari peserta didik

Manfaat pendidikan karakter sejak dini, selain mampu untuk menciptakan dan menguatkan karakter seseorang, juga bermanfaat untuk meningkatkan serta melatih mental dan juga moral dari para peserta pendidikan karakter. Hal ini akan mencegah terjadinya kondisi mental individu yang bermental tempe dan juga mental malas serta moral yang buruk.

Dengan meningkatnya kondisi mental dan juga moral individu, maka hal ini akan menciptakan suasana yang kondusif dan dapat mencegah terjadinya perpecahan.

5. Agar tidak terjadi kebingungan akan identitas terutama pada remaja

sponsored links

Remaja merupakan “sasaran empuk” dari kebingungan identitas. Karena memang salah satu tugas perkembangan dari remaja adalah untuk mencari identitas. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan oleh kaum remaja terutama karena, manfaatnya yang sangat penting untuk mencegah terjadinya kebingungan pada remaja dalam menemukan identitas atau jati dirinya.

6. Agar dapat mengetahui dan memahami karakter diri masing-masing

Berbicara soal jati diri, tidak hanya pada remaja, namun ada juga orang dewasa yang mungkin belum bisa menemukan jati dirinya. Dengan adanya pendidikan karakter, mereka akan lebih mudah menyadari dan juga mengetahui karakter dari diri masing-masing.

7. Menyalurkan hal-hal yang penting sesuai dengan karakter yang dimilkinya

Pendidikan karakter memiliki banyak manfaat. Selain dapat meningkatkan kemampuan mental dan juga moral dari individu, manfaat pendidikan karakter bagi generasi muda juga dapat membantu untuk menyalurkan minat. Hal ini dapat menggunakan karakter yang sudah mereka miliki dan mereka sadari untuk hal yang penting dan bermanfaat. Tidak hanya bagi dirinya sendiri, namun juga bagi orang lain.

8. Menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan

Seiring dengan meningkatnya moral dan kemampuan berpikir dari individu melalui pendidikan karakter, maka hal tersebut akan mempengaruhi kemampuan berpikir individu. terutama dalam mengambil keputusan, dengan menempuh pendidikan karakter. Maka seseorang akan menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan, sehingga tidak merugikan diri sendiri dan juga merugikan orang lain.

9. Mampu bekerja sama dengan baik

Pendidikan karakter juga melatih seseorang untuk dapat bekerja sama dengan baik, sehingga hal ini juga akan membuat seseorang menjadi lebih mudah dalam bergaul dan menjalin hubungan sosial dengan orang lain.

10. Meningkatkan kualitas problem solving individu

Pengalaman yang diperoleh melalui pendidikan karakter, dan juga pemahaman mengenai moral, mental dan juga bijaksana akan membuat seseorang yang sudah menempuk pendidikan karakter, setidaknya dapat meningkatkan kualitas mereka dalam hal pemecahan masalah atau problem solving. Hal ini erat kaitannya dengan cara berpikir yang lebih baik dan juga pemanfaatan karakter dari diri individu dalam memecahkan masalah.

Itulah manfaat pendidikan karakter yang sangat penting. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai manfaat dari pendidikan karakter.

Advertisemen
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s